profil saya

pati, jawa tengah, Indonesia
ini adalah web saya,jika temen2 pnya bisnis yg menarik dan yg pasti gratis dan menguntungkan bs sms 085640346439 lewat YM:adzim.muhammad email: adzimm@ipal.com senag sekali rasanya bisa sharing2 dg tmn2 smua.yg mau pasang banner juga bisa,tentang harga bisa di nego lah.... oke selamat beraktifitas

Jumat, 25 Februari 2011

[New post] Mbah Barid, Ahli Bahasa Arab Sepuh dari Solo

Mbah Barid, Ahli Bahasa Arab Sepuh dari Solo

Kyai Mubarrid (Mbah Barid-Solo)

Kyai Mubarrid (Mbah Barid-Solo)

Mbah Barid, Ahli Bahasa Arab Sepuh dari Solo

Selepas lulus SMA, keinginanku mendalami ilmu keislaman menyadarkanku untuk mempelajari ilmu bahasa Arab, khususnya Nahwu dan Shorof. Meskipun sejak SD aku sudah belajar bahasa Arab sampai lulus SMA, namun aku merasa kemampuanku dalam ilmu bahasa Arab sangat jauh sekali dari yang kuharapkan atau diharapkan ayahku. Berbeda dengan bahasa Inggris yang relatif berkembang pesat. Atas saran orangtuaku (ayah khususnya), aku disuruh belajar kepada mbah Barid. Nama lengkap beliau adalah Muhammad Mubarrid bin Aslam bin Ahmad bin Akram.

Sejak saat itulah aku hampir rutin ba'da subuh setiap hari naik sepeda atau terkadang motor sejauh 3 KM ke rumah mbah Barid belajar kitab Qowa'idul Lughoh karangan Fuad Ni'mat yang tebalnya cukup untuk bantal halaman demi halaman dan berisi huruf arab gundul full. Selama rata-rata kurang lebih 1 – 1,5 jam, paling-paling hanya untuk menjelaskan 3 – 5 baris tulisan saja. Pelajaran pertama yang paling kuingat adalah pengertian tentang Isim (kata benda) dan Fi'il (kata kerja). Begitulah setiap hari aku pelan-pelan belajar mengulang kembali bahasa Arab dari konsep sangat dasar selama berbulan-bulan.

Mbah Barid ketika itu sudah berusia lebih dari 80 tahun. Namun dalam memberikan pelajaran bahasa Arab, beliau masih sangat bersemangat. Seringnya, justru murid-muridnya lah yang kalah semangat meskipun muridnya jauh lebih muda dari beliau.

Pada usia yang sudah se-sepuh (tua) itu, beliau memiliki banyak keistimewaan. Pada usia 80-an tahun, beliau tidak pernah mengenakan kacamata dalam membaca kitab-kitab yang tulisannya sering dicetak kecil, bahkan sampai sekarang. Di usia se-sepuh itu, beliau juga masih sering mengisi pengajian-pengajian, ceramah-ceramah, khotbah-khotbah, serta majelis ta'lim di sekitar kota Solo secara rutin. Pergi kemana-mana keliling Solo, beliau sering bersepeda. Kadang, inilah yang membuatku khawatir karena takut kalau-kalau nantinya kesrempet kendaraan, mengingat usia beliau yang sudah sangat sepuh.Beliau juga pandai dalam bahasa Inggris. Dan Masih banyak keistimewaan-keistimewaan beliau lainnya.

Baca tulisan ini lebih lanjut

Komentari tulisan ini


Trouble clicking? Copy and paste this URL into your browser: http://subscribe.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

arsip blog